Senin, 14 November 2016

REGANGAN RUANG DALAM STRUKTUR MOLEKUL ORGANIK
Regangan biasanya berkaitan dengan tegangan. Dimana regangan (strain) itu sendiri adalah perbandingan antara pertambahan panjang batang dengan panjang mula-mula. Sedangkan untuk tegangan (stress) bisa didefinisikan sebagai perbandingan antara gaya yang bekerja pada benda dengan luas penampang benda.
Adapun definisi lain dari regangan adalah penyimpangan (distorsi) panjang ikatan dan sudut ikatan dari nilai-nilai ideal mereka. Ketika panjang dan sudut ikatan mengalami penyimpangan, energi potensial akan terkumpul di molekul. 
Energi potensial yang terkumpul akan sebanding dengan gaya regangan. Ada 3 macam dari strain: 
1.  Angle Strain
Energi  potensial terkumpul  karena  adanya  penyimpangan  sudut  ikatan  dari  sudut ikatan ideal mereka. Sudut ikatan ideal untuk sp3 adalah 109,5, untuk sp2 adalah 120 dan 180 untuk sp. Contoh dari penyimpangan terjadi pada siklopropana.

Pada siklopropana terjadi hibridisasi sp3 dengan sudut idealnya  adalah  109,5.  Beberapa sudut ikatan  masih mendekati  angka  ideal  namun  pada  ikatan  C-C  segitiga tersebut ada sudut ikatan yang  menyimpang  jauh  yaitu  pada sudut  60.  Semakin  besar  perbedaan  dari sudut  ideal  akan menambah energi potensial dari molekul.
Angel  strain  dari  siklopropana  menyebabkan  molekul  tidak  stabil  dan  sangat  reaktif  karena menyimpan energi potensial yang besar. Jika dibakar siklopropana akan mengeluarkan energi yang lebih besar daripada propana.

2.  Steric Strain
Steric  strain  terjadinya  karena  ada  tolakan  dari  elektron  elektron  antar  gugus atom yang mengurangi gaya sterik seminimalisir mungkin. Contohnya adalah pada 1,3 butadiena



Gambar  tersebut membentuk  formasi cis 1,3 butadiena. Dimana atom  H pada  nomor 1 dan 3 terlalu dekat dan  mengalami gaya tolak sterik. Karena gaya tolakan tersebut gugus H akan memposisikan agar sedikit  mengalami  gaya  tolak  sterik  yaitu  dengan  memutar posisi. Pada ikatan  nomor  2 mempunyai ikatan  tunggal  sehingga  dapat  diputar, sehingga  struktur  akan berubah  menjadi  trans  1,3  butadiena.



3.  Torsional Strain
Torsional strain adalah tegangan sterik yang timbul karena interaksi eklips atau gauche. Pada butana mempunyai gaya gauche yang minim karena masing masing masing gugus besar masih terpisah cukup jauh. Namun  pada  metil  gaya  gauche  cukup  besar karena letak  gugus  besar yang berdekatan sehingga  mempunyai  energi  yang  tinggi  yang tersimpan dalam molekul.


REGANGAN RUANG
Regangan ruang adalah besarnya regangan pada struktur senyawa kimia berbentuk siklik untuk menunjukkan seberapa besarnya regangan ruang dari cicin siklik tersebut. Dimana tabel data mengenai regangan ruang dapat dilihat pada tabel berikut :


“Teori Regangan Baeyer” (Baeyer’s strain theory). Menurut teori ini, senyawa siklik seperti halnya sikloalkana membentuk cincin datar. Bila sudut-sudut ikatan dalam senyawa siklik menyimpang dari sudut ikatan tetrahedral (109,50) maka molekulnya mengalami Regangan.

Regangan Ruang Senyawa Siklik
pada regangan ruang senyawa siklik ini contohnya adalah sikloalkana. Sikloalkana adalah golongan senyawa hidrokarbon jenuh yang rantai atom-atom karbon-karbonnya tertutup (membentuk cincin), sehingga termasuk hidrokarbon siklik. Karena sifat-sifat sikloalkana sangat mirip dengan golongan alkana (hidrokarbon alifatik), maka sikloalkana dikategorikan sebagai hidrokarbon alisiklik. Rumus umum sikloalkana CnH2n.
Sikoalkana memiliki kereaktifan yang sangat mirip dengan alkana, kecuali untuk sikloalkana yang sangat kecil – khususnya siklopropana.
Makin besar penyimpangannya terhadap sudut ikatan tetrahedral, molekulnya makin regang, dan berakibat molekul tersebut makin reaktif.
Berikut adalah regangan dari sikloalkana


Dalam usaha mengurangi regangan agar diperoleh kestabilan, molekul alkana mengalami konformasi. Berikut adalah proses terjadinya konformasi sikloalkana

Regangan Ruang Senyawa Non Siklik
contoh dari regangan ruang senyawa non siklik ini adalah 1,3 butadiena, dimana penjelasannya ada di awal pembahasan tentang regangan.




Sumber:
http://documents.tips/documents/gejala-strainmfaqri-f-h1413100066.html
http://chemistryindo.blogspot.co.id/2014/12/konformasi-siklik-molekul-organik.html


10 komentar:

  1. Terimakasih, materinya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Terimakasih ilmunya, saya in gin bertanya regangan rang ini dpt terjadi panda senyawa seperti apa saja ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. regangan ini dapat terjadi pada senyawa siklik maupun non siklik

      Hapus
  3. Terima kasih atas materinya yang sangat bermanfaat.
    saya ingin bertanya bisakah Anda menjelaskan regangan ruang pada sikloheksana atau siklopropana?
    Terima kasih:)

    BalasHapus
  4. Terima kasih materinya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  5. Terima kasih atas ulasan materinya saudari Yati, semoga dapat bermanfaat untuk banyak orang:)

    BalasHapus
  6. terimakasih atas ulasannya yang sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  7. trimkasih atas materinya, ini sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  8. Terimakasih ya materinya, sangat membantu dalam tugas saya

    BalasHapus