Rabu, 03 Mei 2017

Total Synthesis of Natural Produk

The Total Synthesis of Cortisone

Kortison adalah glukokortikoid aktif karena kortison mengkonversikannya menjadi kortisol, dan telah populer karena penggunaannya telah banyak digunakan pada praktik dokter sehari-hari. Kortison tidak di sekresikan dalam jumlahbanyak pada kelenjar adrenal. Kortison disintesis di hati dan memasuki sirkulasi , kemudiaan kortison dengan cepat direduksi dan dikonjugasikan untuk membentuk tetrahidrokortison glukoronida yang tidak berikatan dengan protein, sehingga cepat di ekskresikan melalui urin.kortison juga dapat diartikan sebagai hormon steroid yang mempunyai nama kimia: 17-hydroxy-11dehydrocortisosterone.

Hormon ini dilepaskan oleh kelenjar adrenal sebagai respons terhadap . Kortison merupakan suatu produk akhir dari proses yang disebut sebagai steroidgenesis. Proses ini dimulai dengan dibentuknya Kolesterol dan akhirnya terbentuk hormon steroid. Salah satu hasil akhirnya adalah kortisol.Kortisol mempunyai keaktifan glukocortikoid yang lebih besar dari pada kortison. Kortison juga merupakan molekul inaktip dari hormon kortisol. Kortisol juga dikenal sebagai hydrokortison.



Kortison ini sebagai anti nyeri dalam tubuh manusia. dan dia sangat aktif jika kondisi badan sedang tidak setabil. kortison terbagi menjadi dua yaitu Endolfin yang berperan untuk menurunkan tegangan, sedangkan morfin berfungsi untuk mengurangi rasa sakit. oleh karena itu,. Banyak peneliti berupaya untuk mensintesis senyawa ini karena beberapa alasan, salah satunya adalah minimalnya kortison yang disintesis oleh tubuh dan adanya nyeri berkepanjangan. Salah satu fungsi dari kortison ini yaitu hormon ini akan menaikkan tekanan darah dan sebagai persiapan tubuh untuk melawan stres.Kortison akan menekan sistim kekebalan tubuh dan akan menekan reaksi peradangan sendi lutut, siku dan bahu, mengurang rasa nyeri dan pembengkakan pada tempat dimana ada luka. 

 Berikut ini adalah mekanisme sintesis kortison yang terdiri dari beberapa tahap :



Pada tahap ini, terjadi reaksi diels alder antara alkena dengan suatu diena membentuk senyawa siklik (cincin D).



Selanjutnya terjadi reaksi reduksi oleh LiAlH4 sehingga gugus keton berubah menjadi OH.


Pada tahap ini terjadi reaksi kondensasi aldol menggunakan reagen 1-pentena-3-on sehingga terbentuk siklik  (cincin B) dan selanjutnya terjadi reaksi  osimilasi dengan menggunakan OsO4 yang mengadisi ikatan rangkap pada alkena dan membentuk diol.



Pada tahap ini senyawa yang sudah dihasilkan direaksikan dengan gas H2 dengan katalis Paladium (Pd) yang berfungsi untuk mengadisi ikatan rangkap pada cincin C.



Pada tahap ini, ditambahkan aseton yang berfungsi untuk membentuk gugus pelindung ketoester yang berfungsi melindungi gugus OH pada cincin D agar tidak bereaksi dengan reagen yang ditambahkan.


Pada tahap ini, terjadi reaksi kondensasi aldol dengan menggunakan reagen 1-butena-3-on sehingga terbentuk siklik (cincin A), Selanjutnya pada tahap ini, senyawa yang dihasilkan dioksidasi membentuk asam karboksilat (pada cincin A), dan senyawa yang dihasilkan direduksi membentuk alkohol (pada cincin A),yang selanjutnya alkohol yang terbentuk akan terdelokalisasi ke cincin.

Pada tahap ini, ditambahkan reagen HCl/MeOH yang berfungsi melepaskan gugus pelindung ketoester sehingga membentuk gugus pelindung awal (OH), yang selanjutnya terjadi delokalisasi, selanjutnya senyawa yang dihasilkan dioksidasi untuk mengubah OH menjadi keton dan menyebabkan karbon pada cincin D menjadi suatu karbokation, yang selanjutnya akan direaksikan dengan H2O sehingga OH menyerang karbokation pada cincin D sehingga terbentuk lah senyawa kortison yang diinginkan.


Sumber :
https://www.scribd.com/doc/45443761/Kortison

http://www.kerjanya.net/faq/4846-kortison.html

21 komentar:

  1. Halo Zulfia, mau tanya dong. Apakah jenis eusiderin berpengaruh terhadap aktivitasnya? Mohon dijawab ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf, saudara leri, saya nruhayati, dan pada kesempatan ini saya membahas tentang kortison, tetapi tidak apa, saya kan mencboa menjawab pertanyaan anda

      jenis eusiderin tidak berpengaruh terhadap aktivitasnya, karena jenisnya ini hanya bergantung pada bahan yang digunakan, tetapi untuk aktivitasnya, eusiderin tetap digunakan sebagai biofungisda atau antijamur

      Hapus
  2. apa manfaat senyawa cortisone dan sumber naturalnya dari mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. manfaat Kortison disni akan menekan sistim kekebalan tubuh dan akan menekan reaksi peradangan sendi lutut, siku dan bahu, mengurang rasa nyeri dan pembengkakan pada tempat dimana ada luka, sedangkan seumber kortison ini adalah kortisol

      Hapus
  3. apa keunikan dari sintesis senyawa kortison ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. keunikannya ada pada tiap tahap reaksi nya, seperti adanya reaksi diels-alder, reaksi kondensasi aldol, dan asimilasi

      Hapus
  4. Bagaimana strategi yang digunakan untuk sintesis kortison ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. startegi yang digunakan adalah dari cincin C nya yang akan mengalami reaksi diels-alder, dimana reaksi diels-alder ini adalah reaksi kimia organik antara diena terkonjugasi dengan alkena tersubstitusi, umumnya dinamakan sebagai dienofil, membentuk sikloheksena tersubstitusi. Reaksi ini dapat berjalan bahkan jika beberapa atom dari cincin yang terbentuk bukanlah karbon.

      Hapus
  5. knp digunakan metode diatas dalam sintesis cortisone?

    BalasHapus
  6. Sebutkan prosws singkat pada metode ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. proses singkat pada kortison ini yaitu terjadinya reaksi diels-alder kemudian terjadi reduksi pada LiAlh4, yang selanjutnya terjadi reaksi kondensasi aldol

      Hapus
  7. mengapa diperlukan total sintesis bahan alam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena apa bila dari bahan alam sudah menipis maka senyawa aktif yang ada pada bahan alam tersebut disintesis, sehingga manfaat dan khasiat nya akan sama, jadi kita bisa menghemat bahan" yang ada dialam juga

      Hapus
  8. bagaimana perbedaan antara senyawa bahan alam dengan bahan alam yang disintesis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. senyawa bahan alam adalah senyawa yang memang benar adanya dialam seperti senyawa metabolit sekunder (alkaloid, flavonoid, dll)
      sementara itu bahan alam yang disintesis adalah suatu senyawa yang disintesis yang hampir mendekati bahkan mirip strukturnya dengan senyawa bahan alam, sehingga manfaat dan khasiatnya akan sama dengan senyawa bahan alam

      Hapus
  9. bagai mana kerja kirtison dalam tubuh.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara kerja kortison ini pada tubuh yaitu hormon kortison ini akan menaikkan tekanan darah dan sebagai persiapan tubuh untuk melawan stres.Kortison akan menekan sistim kekebalan tubuh dan akan menekan reaksi peradangan sendi lutut, siku dan bahu, mengurang rasa nyeri dan pembengkakan pada tempat dimana ada luka.

      Hapus
  10. dapatkah nekiterpiosin digunakan bersama dengan senyawa antikanker lain ?
    Apakah strategi yang digunakan pada sintesis nakiterpiosin ? Terimakasih
    Pendekatan apa saja yang digunakan pada sintesis senyawa nakiterpiosin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf, disini saya membahas tentang krotison yang berfungsi sebagai antinyeri

      Hapus
  11. apa kegunaan dari senyawa yang telah Anda paparkan di atas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kortison ini sebagai anti nyeri dalam tubuh manusia. dan dia sangat aktif jika kondisi badan sedang tidak setabil. Kortison akan menekan sistim kekebalan tubuh dan akan menekan reaksi peradangan sendi lutut, siku dan bahu, mengurang rasa nyeri dan pembengkakan pada tempat dimana ada luka.

      Hapus